Armand Maulana, artis yang punya fans artis

September 08, 2011

Woi ! (gaya armand)


Di saat teman-teman perempuan seusia saya mengidolakan Afghan, Ungu, Sm*sh, saya seperti sedikit menyimpang ke jalan lain. Dan ketika sedang berusaha mencari "bala", saya akui cukup susah menemukan species betina seperti saya (yang mengidolakan GIGI) di SMA. Tapi ada beberapa band di sekolah yang selalu bersedia membawakan karya GIGI di setiap penampilan. Setelah saya ingat-ingat, ternyata selama saya bersekolah di SMA, pemenang festival band di sekolah adalah kebetulan yang membawakan lagu GIGI. Dan berdasarkan pengalaman kakak-kakak yang terdahulu, juga demikian. Waaaaah, rasanya seperti ada percikan kembang api di hati kecil saya, hahahaha.

Tapi saya jadi merasa sangat berkawan setelah mengetahui kalau ada beberapa artis lokal yang juga ngefans sama akang Manto a.k.a Armand Maulana, hehehe. Siapa saja mereka ? Langsung aja yuk cap jreeeeng...

  • Tantri KOTAK
Waa, mbak Tantri ini. Lady rocker yang sedang menggema meskipun saat ini sudah bukan menjadi trend seperti di era 90an. Dia tidak anti "rok" tapi tetep ngerawks. Yang jadi khasnya saat pertama debut adalah jaring-jaring.

Tahun 2010, di hadapan para reporter, Tantri mengakui kalau dia ini ngefans sama Armand Maulana.

"Waktu sempat ngedrop. Aku sharing ke Kang Armand. Tanya-tanya, terus Kang Armand bilang sesibuk apapun, tetap harus istirahat minimal delapan jam sehari. Setelah selesai manggung disuruh tidur."

"Awalnya nonton Gigi waktu aku masih SD. Papa bilang, `Ini vokalis yang bagus, panggung segede apapun bisa menguasai`. Aku jadi mikir, harus benar-benar bisa menguasai panggung. Dan itu mengalir saja, enggak harus begini-begini. Benar-benar harus menguasai panggung, konsep gimmick oke, sama cara goyang."

"Penyanyi favorit aku Kang Armand. Saat ini dialah yang the best, dia loncat–loncat tapi suaranya tetap stabil. Pernah aku capek banget. Habis manggung, kurang tidur, habis suara. Mau enggak mau tempo latihan diturunin. Buat saya, yang dilakukan Kang Armand sulit. Vokalis yang gila loncat-loncatan dan suara masih stabil. Itu sulit."

"Semua tips Kang Armand aku ikutin kecuali satu, olahraga. Sering Kang Armand ngajak nge-gym dengan 
beberapa vokalis, tapi masih berat. Kalau tidur bolehlah, hahaha"

saya merasa foto ini mirip armand
iya nggak sih ? wkwkwk
Jaman-jaman masih kurus, belum ngegym
sedikit seperti tantri, wuaha
Mereka memang sudah akrab, nggak cuma sama Armand, tapi juga personel lainnya. Apalagi sekarang KOTAK nggak punya drummer, tapi mereka punya add player yaitu Bounty Ramdhan, anaknya bapak Thomas Ramdhan (bassis GIGI).
  • Charlie ST12

Saya jadi agak bingung, waktu nge-search "charlie st12" di google kok banyak foto Olga yang keluar ya, hahaha. Eh tapi ada nyambungnya juga sih sama bab ini. Sekitar 2 tahun yang lalu, saya nonton acaranya Olga, "dahsyat". Di situ ceritanya si Charlie lagi ulang tahun. Tim kreatif Rcti memberikan kejutan dengan menyambungkan telefon ke Armand. Dari situ saya tau kalau pria yang dasarnya seneng Jazz ini juga mengidolakan kang Manto, hehehe. 

  • Giring NIDJI
        
Satu-satunya konser band lokal selain GIGI yang saya pernah tonton adalah Nidji. Saya memang agak Nidjiholic, hehehe. Gaya vokalis bapak 2 anak ini nggak pernah ngebosenin, kweren lah pokoke. Dia juga tergolong vokalis energic selain Armand. Selain itu abang kribo ini juga sangat modis.

Pernah dalam suatu acara variety show, designer Ivan Gunawan membandingkan dan mengomentari gaya berpakaian Giring dan Armand. Saat itu usia GIGI kira-kira 15 tahun, berarti gaya akang sedang dalam tahap singlet-singlet, celana banyak kantong dan gantungan sana-sini, rambut gondrong sebahu. Memang menyesuaikan sama album mereka GIGI self titled yang sedang bergenre rock. Dan berbarengan dengan peluncuran biografi mereka The Stones are Still Rolling. Sebelnya, si Ivan ini bilang kalo gaya Armand udah basi alias jadul (ewrrrrrrrr njalok ta keplak). Kemudian dia bilang lebih pilih gayanya Giring dari pada Armand. Hadew, nggak basa-basi banget ya jadi orang, huehehehe.

Tapi beberapa tahun terakhir gaya Armand berubah lagi. Memang selalu berubah sih. Tapi kali ini baju-bajunya feminim -,-" Bahan kain yang dipake itu lho, "glenyer-glenyer" gimana gitu. Kadang-kadang juga pake singlet atau kaos kembang-kembang atau motif macan tutul. Anehnya, salah satu gaya Armand dengan hoodie malah jadi trend di kalangan wanita muslim. Wkwkwk.


Back to Giring. Nidji dan GIGI memang sering terlibat dalam proyek yang sama. Salah satunya yaitu menjadi ikon Djarum Coklat. Menurut pengelihatan saya, DjarCok ini adalah sponsor yang sangatlah kuat. Contohnya, mereka bisa terus mengadakan event tahunan Ngabuburit tour GIGI selama 8 tahun berturut-turut di kota-kota Jawa Barat & Jawa Tengah. Dan itu semua gratis, tanpa tiket. Keprok-keprok...

    

 

Nah, ternyata si Giring dan member Nidji lainnya ini ngefans sama GIGI terutama kang Armand. Tahun 2008, saat Nidji ulang tahun ke-6, manager mereka memberikan kejutan dengan mendatangkan Armand Maulana yang merupakan idola mereka. Giring kaget dan mengaku grogi saat Armand tiba-tiba muncul di atas panggung menyanyikan "Arti Sahabat". Begitu juga dengan Rama dan Ariel sang gitaris yang sempat lupa dengan kunci gitar ketika Armand datang. Giring memang tidak bisa menutupi kebahagiaan ketika duet dengan Armand, terlihat sering sekali vokalis berambut keriting ini selalu menggeleng-gelengkan kepala dan kemudian tertawa setelah tatap muka dengan pria kelahiran Bandung tersebut. Hahaha. Ternyata vokalis Nidji ini memang mengagumi sosok suami Dewi Gita ini. Di matanya, pentolan GIGI ini seorang yang low profile, down to eatrh, dan juga sangat memberi support pada band baru seperti Nidji.

"Seru banget. Kita kaget dan speechless (kehabisan kata). Udah nggak bisa ngomong apa-apa lagi pas melihat kang Armand di atas panggung. Takjub dan malah membuat kita grogi. Main musiknya jadi asal-asalan,"

"Kita dari dahulu mengidolakan Gigi dan Armand Maulana-nya. Dia contoh band sukses yang patut ditiru. Banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa kita ambil dari mereka,"
“Bagi gue ini kesempatan yang sangat jarang terjadi dimana gue berkesempatan kolaborasi bareng band yang gue kagumin sejak SD,”

keakraban Giring-Armand di luar panggung
  • Ian Kasela RADJA

Saya bingung nih waktu mau masukin fotonya ian, huaha. Sampe sempet salah ambil fotonya Moldy. Hehe. Ternyata cukup kontroversial di tahun 2005-2006 saat pertama RADJA muncul ke publik. Banyak yang berpendapat kalau pria bernama asli "Samidjan" ini njiplak Armand. Mengutip sebuah pernyataan Armand di majalah Rollingstone Indonesia edisi (berapa ya) tahun 2008 :

Aksi panggung dan suara Ian emang ngikutin gue. Dia nelp dan menyampaikan itu sendiri.” kata Armand Maulana.

Hahaha.

Armand, mengaku sering dikontak oleh Ian Kasela, vokalis Radja. Ian juga emang ngaku kalo Armand ini bener-bener jadi panutannya, bahkan Ian kerap kali konsultasi dan minta pendapat ke Armand kalo lagi manggung atau di vidklip. "Tapi tenang aja, ini mah Gigi, bukan Radja," ujar Armand sedikit usil mengomentari pendapat media yang banyak menyamakan Gigi dengan Radja, dan kabar Ian yang mengidolai Armand.

Armand saat masih agak muda
Ian saat muncul dengan Radja

Armand mengawali debutnya dengan solo karier, di tahun 1992 dia meluncurkan sebuah album "Kau Tetap Milikku". Dan cukup ngehits, salah satu singlenya berjudul "Julia", saya suka saya suka, huehehe. Sedangkan Ian kasela juga mengeluarkan album solo "Tak Mau Sendiri" di tahun 1996. Tapi karena kurangnya promosi, album ini kurang dilirik penikmat musik. Dari judul album lumayan ada kemiripan, yaitu sama-sama tidak rela ditinggalkan, huaha. Dan dari gaya rambut juga demikian. Tapi memang saat itu kan jamannya rocker gondrong, termasuk Anang Hermansyah. 

Album solo Ian (1996)
Di album ini, vokal Ian Kasela belum terasa upaya mendekatkan diri pada tarikan vokal cara Armand Maulana.

Album solo Armand (1992)
Meniru dan ditiru itu hal biasa apalagi kalo ngefans sama orang, asal jangan keterlaluan sampai ke merk pakaian dalem juga ditiru, hehehe. 

  • Tria CHANGCUTERS

Vokalis nyentrik ini juga mengaku mengidolai Armand. Saya juga mengidolaimu bang. Huehe. Saya akan membahas sebuah video yang cukup mewakili pernyataan Tria. Di sebuah acara BRI di Hati Trans TV tahun 2008, tim kreatif mendatangkan Armand Maulana saat The Changcuters menyanyikan Racun Dunia.


Di tengah-tengah perform, Tria mencoba melempar mic seperti biasa (salah satu gaya yang diakui niru armand). Tapi sial, mic nya terjatuh dan mati, hahahaha. Armand yang sudah bersembunyi di balik panggung akhirnya keluar sambil menyanyi. Begitupun Tria, dia mengambil mic yang mati itu dan tetep asik nyanyi, padahal nggak bunyi sama sekali itu mic. Ternyata Tria nggak sadar kalau suara yang keluar itu adalah dari mic Armand, bukan suaranya sendiri (macem lypsinc gitu jadinya). Aneh ya, kok nggak apal sama suara sendiri. Malah tetep petakilan loncat sana sini. Padahal Armand nggak bener loh nyanyinya, salah lirik. Haha

Armand mencolek pinggang Tria dari belakang daaaaaaan, "memang kau racuuuun" Tria membalik badan, kaget, menjatuhkan micnya lagi, tertunduk lemas, "ngedoprok" di lantai, hahaha. Akhirnya mereka nyanyi bareng, ngelempar mic bareng, keren deh. Hehehe. Tria berkomentar saat menyanyi :

"Gila ! Orang gila dateng ke sini ! Guru gua, kakak gua. Kok bisa sih ?"

Lalu mereka kembali mendendangkan "racuuun, racuuuun, racuuun..." Saat ditanaya oleh host gimana rasanya kedatangan Armand di sini..

"Rasanya, rasanya tau gitu saya nggak usah lempar mic kalo tau ada Armand di sini. Dia ini gurunya soalnya. Dia mungkin udah hebat jugglingya kayaknya."

Komentar Armand saat ditanya gimana rasanya diidolakan banyak orang termasuk Tria..

"Gua sih waktu pertama ngeliat mereka di lagu yang ada ariel nya (pria idaman wanita) udah punya feeling. Oh ini grup gokil, pasti suatu saat akan masuk ke industri musik Indonesia yang besar."

"Karena kita nggak salah berguru kepada GIGI gitu" sambung Tria

"Coba kalo ki Joko Bodo" tambah Armand

"Ya itu bisa berbahaya, entar ketik reg sepasi jadinya" jawab Tria

Haha, lucu mereka ini.

Tria juga pernah diundang GIGI di acara konser 15 tahun mereka dulu. Tria menyanyikan lagu Jomblo yang salah-salah lirik, wkwkwk. Tapi dia sempet bercandaan saat nyanyi dan bilang kalau saking ngefansnya, dulu  Changcuters bela-belain ke Jogja nonton konser 11 Januari di Mandala Krida. Berdiri di tengah-tengah kerumunan 50.000 orang lebih, hahaha.




Sekian tentang artis-artis yang mengidolakan Armand. Caw ! :D

You Might Also Like

5 komentar

  1. Nenk, itu kayaknya salah foto deh. Coba intip foto nya Ian Kasela, gitarisnya ndak tu? hehe

    BalasHapus
  2. hiii... blog kamu baguss... :)
    tampiLannya juga kerenn..
    maU duNg mba diajarin. hehe. aku juga punya blog tp masiH ecek ecek bLm sebagus bLog ini. :)

    BalasHapus
  3. Totally agree! doi (Kang Armand) emang super enerjik deh!

    Suaranya masih prima, powerful, n stabil sampe sekarang. Yang aku suka, kalo nonton aksi panggung dia yang ga ngebosenin n bikin semangat. Satu lagi, menurut aku Band GIGI paketannya komplit, punya personel yg expert2 bgt di bidangnya. SALUT!

    BalasHapus
  4. mbak Linda.. aku ambil dari sini mba

    http://dunia-panas.blogspot.com/2010/02/ian-kasela-tidak-pakai-kaca-mata.html

    itu katanya ian kasela tanpa kacamata, tp emang mirip moldy sih, haha, apa aku yg salah ya >,<

    BalasHapus
  5. wah wah.... sueneng aku bacanya ^_*

    BalasHapus

I N S T A F E E D

Comments

Followers