17 Fakta Terungkap Setelah 17 Tahun

Maret 24, 2011

Hai, hadir kembali masih dengan tema sweet17. MySpace
Kesempatan ini hanya saya manfaatkan untuk merangkum pertwitan vokalis GIGI saja tentang 17 fakta GIGI yang baru ia ungkap di Twitter.


Sebelumnya saya hanya ingin mengingatkan bahwa personel GIGI yang sekarang ini formasinya adalah
:

  • Armand Maulana (vokal)
  • Dewa Budjana (gitar)
  • Thomas Ramdhan (bass)
  • Gusti Hendy (drum)









Sedangkan, sebelum mencapai formasi sekarang, GIGI sempat berganti-ganti personel, dan ex personelnya antara lain :
  • Aria Baron (gitar), memiliki projek baru yaitu Baron Soulmate
  • Budhy Haryono (drum), sekarang sebagai drummer TIKET
  • Opet Alatas (bass), sekarang sebagai bassis TIKET
  • Ronald Fristianto (drum)
Mari simak ketujuhbelas fakta tersebut.

Pertama. Sebelum Armand Maulana tergabung dalam GIGI, sebenarnya ada banyak kandidat vokalis, contohnya Andi RIF dan Once Mekel.



Kedua. Salah satu ex personel GIGI yaitu Aria Baron dulu menempati posisi gitar bersama Dewa Budjana. Pada saat Baron mengatakan keingininannya untuk keluar dari GIGI, personel yang paling marah adalah Thomas Ramdhan (bassist) dan Ronald Fristianto (ex personel yang saat itu memegang posisi drum). Kemarahan mereka ditegaskan oleh Armand, benar-benar marah.



Ketiga. Pada saat Aria Baron menelfon Armand Maulana untuk menempati posisi vokal di GIGI, sebenarnya saat itu Armand masih tergabung dalam band nya "NEXT BAND" dan bahkan sedang menuju proses rekaman. Namun Armand Maulana malah menerima tawaran Baron dan lari kabur ke GIGI. Nakal.



Keempat. Dulu Thomas Ramdhan terjerat narkoba, dan akhirnya posisi bass dipegang oleh crew-nya sendiri yakni Opet Alatas. Tapi setelah Opet melihat Thomas telah benar-benar bersih dari narkoba, ia memutuskan keluar dari GIGI dengan satu syarat yang boleh menggantikan dirinya adalah Thomas Ramdhan. Manis sekali. 



Kelima. Pada saat Ronald Fristianto merasa sudah tidak klop lagi dengan GIGI, dia memutuskan keluar, padahal saat itu GIGI tengah berpartisipasi dalam pergelaran Tribute to Titiek Puspa. Akhirnya Budhy Haryono ditarik menggantikan Ronald. Dengan kata lain, dalam 2 hari konser, GIGI bermain dengan 2 drummer yang berbeda.


Keenam. Saat GIGI manggung di Pesta Pelajar HAI di Palembang, Thomas Ramdhan pingsan di tengah acara. Muncul Opet Alatas sebagai pahlawan yang saat itu adalah crew Thomas, ia menggantikan posisi Thomas memainkan bass. Tapi ia masih malu-malu, akhirnya Opet memainkan bassnya secara sembunyi-sembunyi di balik amply bass Thomas. Lucu ah si abang malu-malu.



Ketujuh. Gusti Hendy (yang sekarang menjabat sebagai drummer GIGI) pernah menjadi Panitia Pensi SMA Banjarmasin (daerah asalnya) karena dia fans berat Ronald (drummer GIGI saat itu). Dan pada ulang tahun ke-10 GIGI di TransTV, Hendy berdiri di tengah-tengah penonton menyaksikan aksi idolanya. Dan akhirnya sekarang ia berlabuh sebagai drummer ke-3 GIGI. Mengharukan.



Kedelapan. Sampai tahun 2011 ini selama 17 tahun bergabung di GIGI. Armand Maulana dan Dewa Budjana selalu sekamar tiap ada konser di luar daerah. Dan Armand mengaku sangat bangga sekamar dengan pria berkumis selama 17 tahun. Haha ada-ada saja.



Kesembilan. Pada saat Budhy Haryono memutuskan keluar dari GIGI, dia yang menyarankan Gusti Hendy untuk menggantikan posisinya.



Kesepuluh. Dewa Budjana pernah berniat keluar dari GIGI pada saat pengerjaan album The Best of GIGI (yang menghasilkan lagu Andai) karena ia merasa jenuh. Budjana pergi ke US selama 6 bulan. Namun akhirnya ia kembali ke pelukan GIGI dan sekamar lagi dengan Armand Maulana. Haha.



Kesebelas. Kembali pada tahun 90'an. Ronald Fristianto memiliki fans cewek yang sangat banyak. Dan kebanyakan dari mereka adalah model dan artis-artis yang terkenal saat itu. Namun Armand tidak berniat membocorkan nama-nama artis tersebut dengan alasan saat ini mereka telah memiliki pasangan masing-masing. Alias udah pada kawin semuanya. Heem, sebenernya kan nggak apa-apa ya bagi-bagi dikit. Hehe.



Keduabelas. GIGI pernah manggung bersama SLANK dan Ari Lasso. Pada saat itu Ari Lasso baru saja didepak oleh Ahmad Dhani dari Dewa. Dia menghadapi ribuan penonton di tengah lapangan bola sendirian dengan ditemani seorang keyboardis saja. Armand pun menyatakan kebanggaannya kepada Ari.



Ketigabelas. Pada saat almarhumah kakak Armand Maulana yang bernama Nita Tilana meninggal dunia, berbarengan dengan konser GIGI di Makassar. Konser tidak dibatalkan, namun Armand juga tidak bisa ikut. Akhirnya GIGI bermain dengan formasi tanpa vokalis hanya ada Dewa Budjana, Thomas Ramdhan, dan Budhy Haryono. Lalu ketiga personel memilih penonton yang hadir secara acak untuk naik panggung menyanyikan lagu GIGI, menggantikan Armand sepanjang konser itu. Ah, mau dong dipilih. Haha, kayak suaranya bisa dinikmatin aja.



Keempatbelas. Pengerjaan album pertama, hampir semua biayanya ngutang. Karena saat itu mereka nggak punya uang. Kebetulan Dewa Budjana kenal dekat dengan pemilik GINS Studio, akhirnya mereka rekaman di sana, tentunya ngutang. Urusan pita rekaman, kebetulan Ronald punya sendiri. Dan untuk urusan makan ditangani oleh Budhy, itu juga dengan menerapkan rumus pengiritan. Benar-benar berjuang dari nol.



Kelimabelas. Sebelum Dhani Pette menjadi manager GIGI tahun 1995, yang memegang posisi manager adalah Baron sendiri. Armand dan Budjana mengurusi masalah kredit mengredit alat-alat musik karena kebetulan Dewa Budjana yang paling lama kenal dengan toko-toko musik.


Keenambelas. Sebenarnya, setelah peluncuran album pertama, Dewa Budjana sempat ingin keluar dari GIGI karena diajak oleh Ary (drummer Potret) untuk sekolah musik di US, tapi urung. Karena Ronald kasbon kepada Ko Akiat untuk membeli drum. Tapi ternyata kasbon tersebut dijadikan uang, sehingga terjadi tanda tangan kontrak untuk album kedua dan Alhamdulillah mengasilkan hit single "Janji" dan "Nirwana". Penuh liku-liku.



Ketujuhbelas. Insya Allah tanggal 26 Mei 2011 pada saat perayaan Ultah ke-17 GIGI di Istora Senayan, Budhy Haryono, Ronald Fristianto, Aria Baron, Opet Alatas, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan, Gusti Hendy, dan Armand Maulana sendiri akan bernostalgia mengenang persahabatan mereka selama 17 tahun ini yang harmonis dan penuh kehangatan.




Demikian yang dapat saya rangkum. Sebenarnya ini saya ambil dari Timeline @armandmaulana, hanya telah saya ketik ulang yang mungkin bisa memperjelas maknanya saja. Tapi jujur dengan mengetahui, membaca, menonton di video tentang cerita-cerita mereka, kekaguman saya kepada GIGI maupun ex personelnya bertambah menjadi sekian persen. Karena di kaca mata ungu kehitaman milik saya, mereka adalah orang-orang super. Meskipun ketidakcocokan telah mereka rasakan dalam berkarir, namun unsur-unsur persahabatan masih sangat ada hingga sekarang ini. Beberapa waktu lalu GIGI dan ex personel minus Ronald menjadi bintang tamu dalam acara talkshow Just Alvin @MetroTV, berikut videonya :














Sekedar info, apapun yang tertulis di atas sebenarnya sudah ada di buku Biografi GIGI yang telah lama rilis sejak 2009. Namun sayangnya saya belum berkesempatan untuk memilikinya, semoga suatu hari nanti saya bisa membaca dan memajangnya di antara tumpukan buku-buku mapel, hehe. 





Sekian ya, terimakasih. 


You Might Also Like

5 komentar

  1. Deneng fotone nyong ora di pajang?? sembarangan geh rika *mutung*

    BalasHapus
  2. wakakak siap lah kang, ngesuk tak tambaih fakta 18 : tukang cukur kumis Dewa Budjana, fotone rika ;p

    BalasHapus
  3. nice share..kita sama sama penggemar (BERAT) GIGI hehehe PLnR

    BalasHapus

I N S T A G R A M

Comments

Followers