GIGI

17 Fakta Terungkap Setelah 17 Tahun

Maret 24, 2011

Hai, hadir kembali masih dengan tema sweet17. MySpace
Kesempatan ini hanya saya manfaatkan untuk merangkum pertwitan vokalis GIGI saja tentang 17 fakta GIGI yang baru ia ungkap di Twitter.


Sebelumnya saya hanya ingin mengingatkan bahwa personel GIGI yang sekarang ini formasinya adalah
:

  • Armand Maulana (vokal)
  • Dewa Budjana (gitar)
  • Thomas Ramdhan (bass)
  • Gusti Hendy (drum)









Sedangkan, sebelum mencapai formasi sekarang, GIGI sempat berganti-ganti personel, dan ex personelnya antara lain :
  • Aria Baron (gitar), memiliki projek baru yaitu Baron Soulmate
  • Budhy Haryono (drum), sekarang sebagai drummer TIKET
  • Opet Alatas (bass), sekarang sebagai bassis TIKET
  • Ronald Fristianto (drum)
Mari simak ketujuhbelas fakta tersebut.

Pertama. Sebelum Armand Maulana tergabung dalam GIGI, sebenarnya ada banyak kandidat vokalis, contohnya Andi RIF dan Once Mekel.



Kedua. Salah satu ex personel GIGI yaitu Aria Baron dulu menempati posisi gitar bersama Dewa Budjana. Pada saat Baron mengatakan keingininannya untuk keluar dari GIGI, personel yang paling marah adalah Thomas Ramdhan (bassist) dan Ronald Fristianto (ex personel yang saat itu memegang posisi drum). Kemarahan mereka ditegaskan oleh Armand, benar-benar marah.



Ketiga. Pada saat Aria Baron menelfon Armand Maulana untuk menempati posisi vokal di GIGI, sebenarnya saat itu Armand masih tergabung dalam band nya "NEXT BAND" dan bahkan sedang menuju proses rekaman. Namun Armand Maulana malah menerima tawaran Baron dan lari kabur ke GIGI. Nakal.



Keempat. Dulu Thomas Ramdhan terjerat narkoba, dan akhirnya posisi bass dipegang oleh crew-nya sendiri yakni Opet Alatas. Tapi setelah Opet melihat Thomas telah benar-benar bersih dari narkoba, ia memutuskan keluar dari GIGI dengan satu syarat yang boleh menggantikan dirinya adalah Thomas Ramdhan. Manis sekali. 



Kelima. Pada saat Ronald Fristianto merasa sudah tidak klop lagi dengan GIGI, dia memutuskan keluar, padahal saat itu GIGI tengah berpartisipasi dalam pergelaran Tribute to Titiek Puspa. Akhirnya Budhy Haryono ditarik menggantikan Ronald. Dengan kata lain, dalam 2 hari konser, GIGI bermain dengan 2 drummer yang berbeda.


Keenam. Saat GIGI manggung di Pesta Pelajar HAI di Palembang, Thomas Ramdhan pingsan di tengah acara. Muncul Opet Alatas sebagai pahlawan yang saat itu adalah crew Thomas, ia menggantikan posisi Thomas memainkan bass. Tapi ia masih malu-malu, akhirnya Opet memainkan bassnya secara sembunyi-sembunyi di balik amply bass Thomas. Lucu ah si abang malu-malu.



Ketujuh. Gusti Hendy (yang sekarang menjabat sebagai drummer GIGI) pernah menjadi Panitia Pensi SMA Banjarmasin (daerah asalnya) karena dia fans berat Ronald (drummer GIGI saat itu). Dan pada ulang tahun ke-10 GIGI di TransTV, Hendy berdiri di tengah-tengah penonton menyaksikan aksi idolanya. Dan akhirnya sekarang ia berlabuh sebagai drummer ke-3 GIGI. Mengharukan.



Kedelapan. Sampai tahun 2011 ini selama 17 tahun bergabung di GIGI. Armand Maulana dan Dewa Budjana selalu sekamar tiap ada konser di luar daerah. Dan Armand mengaku sangat bangga sekamar dengan pria berkumis selama 17 tahun. Haha ada-ada saja.



Kesembilan. Pada saat Budhy Haryono memutuskan keluar dari GIGI, dia yang menyarankan Gusti Hendy untuk menggantikan posisinya.



Kesepuluh. Dewa Budjana pernah berniat keluar dari GIGI pada saat pengerjaan album The Best of GIGI (yang menghasilkan lagu Andai) karena ia merasa jenuh. Budjana pergi ke US selama 6 bulan. Namun akhirnya ia kembali ke pelukan GIGI dan sekamar lagi dengan Armand Maulana. Haha.



Kesebelas. Kembali pada tahun 90'an. Ronald Fristianto memiliki fans cewek yang sangat banyak. Dan kebanyakan dari mereka adalah model dan artis-artis yang terkenal saat itu. Namun Armand tidak berniat membocorkan nama-nama artis tersebut dengan alasan saat ini mereka telah memiliki pasangan masing-masing. Alias udah pada kawin semuanya. Heem, sebenernya kan nggak apa-apa ya bagi-bagi dikit. Hehe.



Keduabelas. GIGI pernah manggung bersama SLANK dan Ari Lasso. Pada saat itu Ari Lasso baru saja didepak oleh Ahmad Dhani dari Dewa. Dia menghadapi ribuan penonton di tengah lapangan bola sendirian dengan ditemani seorang keyboardis saja. Armand pun menyatakan kebanggaannya kepada Ari.



Ketigabelas. Pada saat almarhumah kakak Armand Maulana yang bernama Nita Tilana meninggal dunia, berbarengan dengan konser GIGI di Makassar. Konser tidak dibatalkan, namun Armand juga tidak bisa ikut. Akhirnya GIGI bermain dengan formasi tanpa vokalis hanya ada Dewa Budjana, Thomas Ramdhan, dan Budhy Haryono. Lalu ketiga personel memilih penonton yang hadir secara acak untuk naik panggung menyanyikan lagu GIGI, menggantikan Armand sepanjang konser itu. Ah, mau dong dipilih. Haha, kayak suaranya bisa dinikmatin aja.



Keempatbelas. Pengerjaan album pertama, hampir semua biayanya ngutang. Karena saat itu mereka nggak punya uang. Kebetulan Dewa Budjana kenal dekat dengan pemilik GINS Studio, akhirnya mereka rekaman di sana, tentunya ngutang. Urusan pita rekaman, kebetulan Ronald punya sendiri. Dan untuk urusan makan ditangani oleh Budhy, itu juga dengan menerapkan rumus pengiritan. Benar-benar berjuang dari nol.



Kelimabelas. Sebelum Dhani Pette menjadi manager GIGI tahun 1995, yang memegang posisi manager adalah Baron sendiri. Armand dan Budjana mengurusi masalah kredit mengredit alat-alat musik karena kebetulan Dewa Budjana yang paling lama kenal dengan toko-toko musik.


Keenambelas. Sebenarnya, setelah peluncuran album pertama, Dewa Budjana sempat ingin keluar dari GIGI karena diajak oleh Ary (drummer Potret) untuk sekolah musik di US, tapi urung. Karena Ronald kasbon kepada Ko Akiat untuk membeli drum. Tapi ternyata kasbon tersebut dijadikan uang, sehingga terjadi tanda tangan kontrak untuk album kedua dan Alhamdulillah mengasilkan hit single "Janji" dan "Nirwana". Penuh liku-liku.



Ketujuhbelas. Insya Allah tanggal 26 Mei 2011 pada saat perayaan Ultah ke-17 GIGI di Istora Senayan, Budhy Haryono, Ronald Fristianto, Aria Baron, Opet Alatas, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan, Gusti Hendy, dan Armand Maulana sendiri akan bernostalgia mengenang persahabatan mereka selama 17 tahun ini yang harmonis dan penuh kehangatan.




Demikian yang dapat saya rangkum. Sebenarnya ini saya ambil dari Timeline @armandmaulana, hanya telah saya ketik ulang yang mungkin bisa memperjelas maknanya saja. Tapi jujur dengan mengetahui, membaca, menonton di video tentang cerita-cerita mereka, kekaguman saya kepada GIGI maupun ex personelnya bertambah menjadi sekian persen. Karena di kaca mata ungu kehitaman milik saya, mereka adalah orang-orang super. Meskipun ketidakcocokan telah mereka rasakan dalam berkarir, namun unsur-unsur persahabatan masih sangat ada hingga sekarang ini. Beberapa waktu lalu GIGI dan ex personel minus Ronald menjadi bintang tamu dalam acara talkshow Just Alvin @MetroTV, berikut videonya :














Sekedar info, apapun yang tertulis di atas sebenarnya sudah ada di buku Biografi GIGI yang telah lama rilis sejak 2009. Namun sayangnya saya belum berkesempatan untuk memilikinya, semoga suatu hari nanti saya bisa membaca dan memajangnya di antara tumpukan buku-buku mapel, hehe. 





Sekian ya, terimakasih. 


GIGI

Iseng-Iseng Berhadiah

Maret 22, 2011

Assalamualaikum 

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengabadikan sebuah momen yang mengandung unsur-unsur bahagia dan sedikit fanatisme. Tapi fanatisme inilah yang sepertinya menimbulkan kebahagiaan.

Beginilah kisahnya.

Saya sudah beberapa kali menulis bahwa saya mengagumi GIGI (band). Kebetulan dalam rangka ulang tahun ke-17 mereka mengadakan sebuah kuis bagi para pengguna jejaring sosial Twitter lewat akun @armandmaulana. 


Kuis diadakan sejak 2 hari sebelum hari jadi mereka, 22 Maret. Armand (vokalis) menjelaskan mekanisme kuis tersebut. Kurang lebih seperti berikut ini :

  • Kuis diadakan di akun @armandmaulana pada jam menjelang makan siang (12.00), menjelang maghrib (17.00) dan malam hari (22.00)
  • Pertanyaan yang diberikan adalah seputar new album GIGI dan konser sweet seventeen GIGI
  • Cara menjawab yaitu dengan mereply pertanyaan ke akun @armandmaulana
  • Peserta (halah peserta ?? haha) dianjurkan mengirimkan 1x jawaban untuk setiap pertanyaan
  • Pemenang akan diundi langsung oleh Armand, dan akan diumumkan pada hari H ulang tahun GIGI
Wah, sepertinya patut dicoba

Benar saja, kebetulan Ujian Sekolah yang sedang saya jalani bersisa 1 hari untuk mata pelajaran Bahasa Perancis. Sehari sebelum ujian, saya benar-benar malas sekali belajar.


Saya benar-benar mengikuti setiap pertanyaan yang diberikan vokalis kebanggaan saya. Ada pertanyaan yang relatif mudah (bagi yang mengikuti timeline Armand seperti saya). Tapi ada juga pertanyaan yang lumayan membingungkan, menyulitkan. Kalau tidak salah, seingat saya jika ditotal selama 2 hari, Armand memberikan 10 pertanyaan.

  1. Apa judul single pertama di album baru GIGI ?
  2. Ada berapa judul lagu baru di album baru GIGI ?
  3. Apa judul album baru GIGI ?
  4. Siapa saja mantan personel GIGI sejak tahun 1994 ?
  5. Apa judul lagu di album baru yang bertemakan global warming ?
  6. Siapakah vokalis band indie yang diidolakan saya (Armand), yg juga berduet dengan saya (Armand) di lagu Distorsi Manusia (new album) ?
  7. Apa judul lagu di album baru yang terinspirasi dari prestasi yang diukir Timnas sepakbola Indonesia akhir-akhir ini ?
  8. Kapan GIGI Band lahir ? Di Bandung atau Jakarta ?
  9. Kapan dan di mana konser perayaan Ultah ke-17 GIGI diadakan ?
  10. Siapakah keempat konduktor ternama Indonesia yang disatukan dalam konser 17 tahun GIGI ?

Bagaimana ? Hahaha. Jujur, saya bingung pada pertanyaan nomor 6, 8, dan 10. Dan keseruan benar-benar saya rasakan saat saya kebingungan.

MySpace Saya berusaha mencari-cari di komputer, internet, video yang saya punya. Sekuat tenaga, karena saya memang tergiur dengan hadiahnya yaitu CD ALBUM GIGI SWEET17 plus TANDA TANGAN ASLI KEEMPAT PERSONEL. Dan sayangnya saya salah menjawab pertanyaan nomor 6 dan 8. Tapi Armand berstatemen "nggak apa2 yg tadi salah jawab, bsk kan msh ada kuis lagi, kan pemenangnya diundi".

Ada juga cerita lucunya. Sebelum Armand memberitahukan bahwa masing jawaban hanya boleh dikirim 1x, para Gigikit@ berlomba-lomba mengirim jawaban sebanyak mungkin. Karena terprovokasi, jadi saya sempat meretweet jawaban saya sendiri sebanyak 3x, haha. Tapi ini belum seberapa karena ada teman Gigikit@ yang mengirim jawaban sampai 50x. 




Sampai pada akhirnya, Armand memberi peringatan kepada kami, untuk jangan mengulang-ulang jawaban. Haha. Sedikit agak konyol menurut saya.


Baiklah, singkat cerita, hari ini, modem saya entah ada di mana. Otomatis saya tidak bisa beronline ria. Padahal siang-sore ini ada pengumuman pemenang. Jadilah saya memakai handphone, tapi sialnya begitu tersambung, masuk ke home Twitter, (tetooooooooot) koneksi terputus. Saya cek pulsa, ternyata bersisa Rp1,00. Masya Allah. Kebetulan saya juga malas keluar rumah membeli pulsa. Yasudahlah, saya menunggu ibu pulang sampai maghrib pun tiba.

Sebelum menanyakan di mana keberadaan modem, saya menemukan sebuah kartu perdana, saya coba pakai, ternyata masih nyambung ke internet. Langsung deh online. Melihat timeline Armand, ternyata belum ada pengumuman. Beberapa menit kemudian, ia memberitahukan bahwa pemenang akan diumumkan setelah Maghrib karena GIGI baru saja selesai launching, jumpa pers.

Jedak jeduk jantung saya. "Waduuuh, kok jadi gini, padahal kan aku nggak ngarep2 amat, kalo misal nggak dapet ya udah, tp kalo dapet ya Alhamdulillah banget." Shalat maghrib, saya menyematkan doa kecil, tentang kuis ini. Hihihi.

Dan, saya kembali masuk ke beranda (masih lewat handphone) ada mention dari teman Gigikit@ untuk saya, yang isinya mengucapkan selamat, tapi saya bingung, selamat untuk apa ? Lalu saya cek mention, daaaaaaaan... ternyata dari vokalis kebanggaan @armandmaulana, yang isinya merupakan daftar pemenang kuis.

"Ah, masa sih menang ? Eh, tapi ada nama akunku ditulis paling belakang, wah."
Karena sedikit tak percaya, saya mengecek Timeline Armand, dengan gemetaran (wagu pisan ya) saya membaca satu demi satu pengumumannya. Dan memang betul :


Alhamdulillah... Ya Allah. Hihihihi. Seneng ? Iya. Hehehehe.
Untuk teman-teman yang belum berhasil, masih ada kesempatan mendapatkan hadiah yang lebih spektakuler sekali yaitu tiket nonton GIGI di Istora Senayan Konser Sweet Seventeen. Dan tentunya saya masih ingin mencobanya lagi. Hahahaha.

Demikian cerita dari saya. Salam.



Curhat Session

Examination Stuff

Maret 19, 2011



Alhamdulillah, masih diberi kesempatan untuk sekedar menuangkan buah-buah pikiran. Hehe.

Tulisan kali ini agak menjurus ke Bab Ruang Lingkup Kehidupan Manusia Berumur Menjelang Dewasa di Bulan-Bulan Terakhir Bangku Sekolah Menengah Atas.

Beberapa waktu lalu (saya lupa kapan tepatnya) kami siswa siswi SMA di mana saya menuntut ilmu, mencari teman, mencari uang (saku), kecuali mencari pacar, mulai mengadakan Ujian. Serangkaian kegiatan yang saya kira wajar bagi siswa macam saya.

Sebelumnya saya ingin memberitahukan bahwa sebenarnya saya kurang mengerti bagaimana cara untuk berbasa-basi di dalam menerbitkan berbutir-butir huruf yang merupakan unsur dari sebuah kata di mana kata-kata tersebut akan terangkai menjadi sebuah kalimat dan lalu dengan sendirinya akan memformat dirinya menjadi paragraf dan akhirnya akan kita sebut sebagai POSTINGAN.

Baiklah kalau begitu langsung saja.


Benda di samping adalah susunan angka-angka yang terprint-out dalam sebuah kertas (mungkin kertas manilla) berwarna orange, berbentuk persegi panjang yang kebetulan dilaminating press dengan dua lubang di atasnya sehingga memungkinkan untuk sepotong pita berukuran kurang dari satu meter untuk masuk di kedua lubang dan salah satunya membentuk simpul sehingga benda cantik tersebut dapat tergantung di leher saya. Digunakan sebagai tanda peserta Ujian Praktek yang menurut saya agak mengganggu.


Saat saya menerima benda tersebut, saya berpikiran bahwa angka demi angka dalam Nomor Ujian yang saya miliki tersusun lumayan cantik, hehe. Dan saya juga memiliki sedikit pengharapan kecil yakni "semoga nomernya hoki !", haha. Jangan ditiru ya teman-teman, tidak perlu diyakini juga, karena kata Bapak saya, bisa menyebabkan syirik. Baiklah, setidaknya saya bisa mengambil hikmah pada Nomor Ujian saya, yaitu : 1) mudah dihafal sehingga mungkin memperkecil peluang kesalahan dalam menulis nomer ujian, amiiin. 2) enak dipandang, rasanya seperti melihat sesuatu yang genap dan tidak ganjil. Hehe. Ujian Praktek ini berakhir pada 10 Maret 2011.

Benda di samping kanan adalah kopian dari Kartu Ujian Nasional, kartu ini digunakan sebagai tanda peserta Ujian Sekolah. Kalau dipeerhatikan pada bagian pojok kiri bawah, maka akan terlihat wajah saya yang bagian mata ke atas tertutup oleh bayang-bayang kerudung.







Ujian Sekolah akan berakhir besok, Senin 21 Maret 2011, dengan mata pelajaran terakhir Bahasa Perancis. Saya bersyukur selama seminggu ini (masih) mengambil keputusan sendiri dalam apapun yang saya tulis di lembar jawab Ujian Sekolah saya. Dan lihat sampai besok apakah saya masih tetap bertahan. Semoga hasil pemikiran saya mendapat apresiasi yang menyenangkan dari para korektor. Namun jika kenyataannya agak berbeda setidaknya saya akan merasa puas karena nilai-nilai yang diberikan adalah pure nilai milik saya, kepunyaan saya, hasil mikir otak saya yang dianugerahi Allah SWT. Kebetulan tempat duduk saya mendukung, berada di barisan terdepan, semoga menjadi semakin di depan melebihi produk motor yang laris di pasaran Indonesia. Amiiiin.

Sedikit berbeda, tadi siang sepulang sekolah seperti biasa, saya memiliki tugas fundamental sebagai anak pertama yaitu menyapu lantai. Kebetulan sebelumnya saya disunnahkan mencuci muka, mengingat jerawat saya yang tak kunjung reda, tapi akhir-akhir ini mulai menghilang. Saya tidak memakai kacamata kala itu, kebetulan minus di kedua mata saya sudah cukup (jangan nambah lagi) banyak. 

Ketika langkah kaki dan ayunan sapu ijuk di tangan saya mencapai pintu depan, ada sepotong amplop yang tidak begitu jelas terlihat kaena saya sedang tidak berkacamata. Dari Perusahaan setempat yang tidak lain dan tidak bukan adalah Surat Panggilan untuk mengikuti tes. 


Satu lagi nomor cantik adalah C:0654. Entah berpengaruh bagi kemujuran saya atau tidak, tapi ini akan menimbulkan sedikit efek psikis yang baik bagi saya.

Baik, sekian untuk tulisan kali ini. Maaf jika terdapat sedikit kalimat yang susah dibaca. Salam.

Arguments

That's why I call him Mr. Down to Earth

Maret 03, 2011

Sebelumnya saya banyak post tentang band kenamaan Indonesia, GIGI. Kebetulan, saya sedang berproses menjadi the real GIGIkit@, ngek hehe.

Kenapa saya pakai kata sebenarnya ? 

Ssaya masih ecek-ecek dalam menghargai karya mereka.
Hanya punya satu album dari mereka yaitu album keluaran 2009 bertajuk GIGI Self Titled.

Betapa sulitnya mencari kaset GIGI original di tempat saya tinggal saat ini. Bahkan akhir-akhir ini single teranyar GIGI yang berjudul “Bye-Bye” belum bisa mengudara di radio kesayangan Cilacap.


I N S T A F E E D

Comments

Followers