Recommended Songs from GIGI

Februari 25, 2011

Mungkin selama ini teman-teman tau GIGI cuma dari single-single yang dimainkan, atau VC yang sering diputar di televisi.

Makanya, buat yang pengen tau lebih dalem lagi, saya mau ngereview dan sekaligus recommend beberapa lagu GIGI yang sependengaran saya emang asik dan inspiring for my life, hehehehe.

Oskraaaaaay, kita mulai yuk, cuuuuus :)

Sepengetahuan saya, Armand Cs tergolong band yang mampu mengusung banyak tema dalam setiap karya mereka. Tapi khusus kali ini saya ingin mengupas single-single mereka yang bertemakan SOSIAL dan NASIONALISME.







  • Rindukan Damai (Album Kilas Balik-1998)




Ada yang istimewa di album “Kilas Balik” ini. Karya Budjana yang berjudul “Rindukan Damai” syairnya ditulis seniman tiga zaman Titiek Puspa. Kenapa begitu? 

“Kita udah nyoba bikin liriknya sebetulnya, tapi nggak dapet-dapet, terutama buat gua nyanyiin liriknya rasanya kok enggak enak gitu ya”, kata Armand. 

“Kebetulan saat itu kan Hari Kartini”, celetuk Budjana. Lha, apa relevansinya dengan lirik nggak kena? “Maksudnya gini, yang nyanyiin lagu “Rindukan Damai” itu kan gua duet ama Ibu Rum (Pranawengrum Katamsi, red.), kenapa enggak, sekalian aja liriknya yang bikin ibu-ibu juga; Nah, Tante Titiek (Titiek Puspa) akhirnya yang nulis liriknya. Yaaah, Kartini – Kartini kita di bidang musik lah…………..”, jelas Armand. 

“Dan ternyata emang bener, dapet banget gua nyanyiinnya lirik yang dibuat Tante Titiek itu”, sambung Armand lagi. 

Sementara untuk tema liriknya tetap dari anak-anak GIGI. “Kan waktu itu Indonesia sedang dalam keadaan……bagaimana….gitu, makanya kita ambil tema lirik dari situ”, Budhy buka suara.

 “Pokoknya tentang Indonesialah! Tapi……., tidak mau ada kata  ‘Indonesia’ dalam lagu itu”, sambung Armand lagi.

Dari sisi komposisi “Rindukan Damai” memang bernuansa klasik. Maka nggak salah kalo GIGImilih Pranawengrum Katamsi yang ahlinya seriosa untuk didaulat berduet dengan Armand. Untuk memperkuat nuansa klasik tersebut dilibatkan pula Paduan Suara Impromptu serta horn secton dan cello quartet selain juga disempurnakan dengan hentakan-hentakan timpani. 



Bayangkan...

Bila kita bisa saling memaafkan

Bayangkan...

Bila kita bisa saling berpelukan


Tiada perang, kelicikan

Tangis kelaparan.....


Getarkan manusiawi kami

Mata dan matahati kami

Agar saling meniti


Esa Maha Suci

Ampunkan dan tuntunlah kami

Kita semua saling bersaudara

Rindukan Damai




Beberapa waktu lalu, GIGI didaulat membawakan lagu ini dalam acara Indonesia Mencari Bakat bersama salah satu tallent, Putri Ayu.
Berikut ini video GIGI fetauring Putri Ayu dalam final IMB TransTv,











  • Bumi Meringis (Album 2 x 2)
(lagu: Armand, Budhy, Budjana, Opet /Lirik: Budhy, Budjana, Opet)
    Banyak yang istimewa dalam album keempat ini. Album 2X2 ini adalah album yang digarap GIGI dengan formasi gres; dua lagu dalam album ini memang sengaja dikonsep dan dipersiapkan dalam penggarapannya akan melibatkan musisi-musisi tamu dari negeri Paman Sam. Billy Sheehan (bassist MR.Big), Harry Kim, Arturo Velasco, (brass section Phil Collins) dan Eric Marienthal (saxophonist solo) adalah musisi-musisi kelas dunia yang telah dihubungi manajemen GIGI untuk ikut mendukung album 2X2.



    Untuk album 2X2 ini ada dua lagu yang digarap secara eksprimental. “Bumi Meringis” karya Dewa Budjana (liriknya ditulis Armand, Budhy dan Budjana), dibuat bernuansa etnis dengan permainan electric sitar Budjana dan Jembenya Budhy Haryono ditambah dengan gesekan string Sa’unine String Trio (sekarang jadi Sa’unine String Quartet,










    Suara tangis yang merintih


    Tanda bumi sedang meringis




    Langit merah di atas sana




    Kesaksian alam semeesta




    Jalan pikiran manusia




    selalu ada perbedaan




    Kekuasaan, kenistaan




    Yang akan menjadi malapetaka




    Dan lihatlah wajah mereka




    Bagaikan rasa yang terbuang




    Hampir semua tak percaya




    Bagaikan rasa yang terbuang




    Hampir semua tak percaya




    Keadaan yang semestinya




    Hingga hilang ditelan gelap




    Dan matahari pun terlelap




    Reff:




    Hilang




    Hampa




    Bias melayang




    Hancur




    Musnah




    Alam pun murka 




    Di bawah ini video GIGI membawakan Bumi Meringis di program musik Inbox













    Demikian sedikit review dari saya, semoga bermanfaat :)

    You Might Also Like

    0 komentar

    I N S T A G R A M

    Comments

    Followers